ALHAMDULILLAH!!!

itu kata pertama yang refleks terucap dari mulutku setelah mendengar pengumuman (hasil yudisium) kalo aku lulus dengan nilai yang lumayan…;))

Hmmm,,akhirnya setelah lebih kurang 3 tahun berjuang di Kampus Anafarma aku bisa melewati semua tahapan2 menuju kelulusan dan bersiap mengarungi “dunia baru” yaitu dunia kerja.

COMPLICATED!!itu yang aku rasakan saat ini. Campur aduk perasaannya!!Walaupun belom resmi jadi alumni,tapi sesaat setelah yudisium aku pun langsung berpikir bahwa sebentar lagi aku akan berpisah dengan teman2 seperjuangan dan para dosen serta staf yang selama ini telah menjadi satu bagian dalam diriku.:'( — yg ini agak lebay—

But,in other side…Aku sangat senang dan bangga!!

Jadi teringat masa-masa sulit semester akhir,dimana aku harus pintar memutar otak dan memanage waktu untuk menyusun proposal KTI (Karya Tulis Ilmiah) dan kewajiban PKL.

Susahnya mencari judul!!Mondar mandir perpustakaan kampus dan Balitbang Depkes (tempat PKL) untuk cari MA (metoda analisa) dan literatur lainnya. Sekalinya ketemu judul yang pas,prosedur asli yang notabenenya berasal dari negeri tetangga yaitu China!!Susah banget untuk menemukan Farmakope China Tahun 2002.

Ya sudahlah,aku pun harus bekerja keras mencari judul lain di sela2 masa PKL dan di saat teman2 yg lain udah mulai menyusun proposal…

Sempat hopeless!!Tapi,berkat semangat dari orang2 di sekeliling,Alhamdulillah akhirnya (setelah mampir sebentar ke PPOM) aku pun mendapatkan judul dan dapat pula prosedur aslinya dari British Pharmacopoeia Volume II tahun 1993 (jadul amat yaa..haahaah)

Dan..mulailah menyusun proposal hingga H-1 deadline pembuatan proposal baru bisa dikumpulin…heheh (tapi,hati ini sudah agak tenang)

Hingga pada akhirnya PKL kelar dan diadakanlah seminar proposal!!JEDENK!!mak nyosz dah!!sementara laporan PKL belom kelar disusun aku juga harus menyiapkan bahan untuk seminar…hadeuuhh mulai lg deh dikejar deadline!!

Tapi,skali lagi aku bisa melaluinya!!Alhamdulillah!!

Dan..dimulailah tahapan2 penyusunan KTI. Dimulai dari pengujian di Lab sampe penyusunan KTI yang cukup berjalan agak alot juga dengan beberapa kali revisi…hehehe

And finally sampai pada saatnya KTIku di acc dan siap sidang!!!Dengan jadwal sidang pada Hari Kamis 8 Juli 2010 Pukul 10.00 WIB.

*Wedeewwww!!*

Dag did dug…dag dig dug…

Haahaah,,hati tak tenang,pikiran tak menentu,galau,risau,emosi labil!! Pokoknya parah banged mood aku menjelang sidang!!KACAU!!! x(

Allah benar-benar mengujiku saat itu.

Namun, ketika hari itu tiba…walau dengan kondisi jiwa yang agak berbeda dari biasanya (baca: galau), aku pun menjalani sidang pada waktu yang lebih maju sedikit dari jadwal.

Bertemu dengan 3 penguji yaitu Dra. Sri Tunggalwati, Apt. ; Dra. Lisawati Tanzil, S.E., M.Si., Apt. dan Dra. Khairah, Apt.

Weeew…groginya ampun-ampunan deh yaa..Tapi seiring berjalannya waktu, aku presentasi dan pastinya ada sesi tanya jawab, rasa grogi itupun hilang. Meskipun pas jawab pertanyaan agak rada kacau, optimis sajalah!!hehe…Pasrah!!

Dan…saat yudisium itupun tiba. Bersyukuurrr banget!! Bukan hanya karena Devie yang lulus. Tapi, angkatan 2007 akhirnya LULUS semua!! Kita masuk bareng-bareng dan keluar pun bisa bareng-bareng. Terutama buat teman-teman yang 1 bidang KTI. Alhamdulillah, nilai mutu kita cukup membuat kita tersenyum lebar…:)